Hari ini saya dapat pertanyaan dari teman yang ingin belajar dan menjalani bisnis online. Dan Tulisan ini juga beberapa hasil copas yang saya rangkum jadi satu. Bisnis online itu memang gampang-gampang susah. Gampang bagi yang sudah mengetahui caranya dan susah bagi yang ingin cepat mendapatkan hasil tapi tidak tahu caranya. Seorang newbie pada awalnya biasanya melakukan penjualan proruk orang lain, baik dilakukan dengan metode Affiliate Marketing atau Dropshipping. Dan kebanyakan produk affiliate marketing adalah produk digital berupa produk Informasi.

Belajar-Bisnis-Online

Jika anda ingin sukses berbisnis, anda memerlukan prinsip sukses bisnis. Anda bisa temukan banyak sekali buku yang membahas bagaimana anda bisa sukses menjalankan bisnis. Bisnis apapun itu.

Setelah anda menemukan apa saja prinsip sukses itu, anda perlu suatu cara untuk menerapkannya ke dalam pelaksanaan. Ini yang kita sebut strategi bisnis. Dan ini bukan sembarang strategi. Anda membutuhkan rencana tersusun yang terpadu sedemikian rupa agar bisnis anda nanti berjalan berdasarkan prinsip yang anda pegang sehingga bisa mendatangkan hasil persis seperti yang anda harapkan.

Berikut 7 perinsip yang penting diketahui untuk bisa sukses di bisnis online. Kabar baiknya, ada sistem yang menjalankan Ke-7 perinsip tersebut sehingga membantu kita untuk sukses di bisnis online. Sistem yang dimaksud adalah sistem AsetVirtual.

Prinsip #1:
Memiliki cara untuk menjaring data prospek bermutu sebanyak-banyaknya.

Prospek adalah orang yang berminat terhadap produk anda. Menjaring prospek berarti mengumpulkan data prospek yang memiliki peluang membeli produk anda, dan sekaligus menyingkirkan prospek yang berpeluang kecil tertarik dengan produk anda.

Coba anda bayangkan, bagaimana jika anda mendapat email penawaran produk dimana anda sama sekali tidak berminat dengan topik produk itu? Misal, anda sebenarnya tertarik dengan topik pendidikan, tetapi ada orang yang menawari anda informasi tentang bisnis. Tertarikkah anda?

Tentu saja tidak. Bahkan anda akan merasa jengkel dengan orang yang terus menerus menawari sesuatu yang jelas-jelas anda tidak punya minat sama sekali.

Itulah yang perlu anda ingat pertama kali. Anda tidak akan hasilkan uang dari prospek yang salah. Anda baru hasilkan uang jika anda menemukan orang yang tepat, kemudian menawarkan sesuatu yang memang menjadi minat mereka.

Selain itu, anda harus mendapatkan prospek tertarget sebanyak-banyaknya, karena ini yang menentukan hidup matinya bisnis anda. Mengapa? Karena prospek adalah orang yang akan membeli produk atau servis anda.

Jika anda memiliki prospek sedikit, maka bisa dipastikan pembeli anda juga akan sedikit. Tetapi jika anda bisa mengumpulkan prospek secara melimpah, maka orang yang akan beli pun akan melimpah. Sesederhana itu.

Oleh karena itu, prinsip pertama yang harus dipegang jika anda ingin sukses dibisnis online adalah kumpulkan data prospek tertarget sebanyak-banyaknya. Tangkap data nama, email, serta data apapun dari mereka, agar nanti anda bisa menjalin hubungan hingga akhirnya menghasilkan penjualan.

Prinsip #2:
Menciptakan produk informasi yang memberi solusi untuk prospek tertarget.

Berbisnis di internet artinya jualan. Jualan bisa dalam bentuk produk atau jasa. Tetapi berdasarkan sepengetahuan saya, jualan yang paling menguntungkan di internet adalah jualan produk informasi. Keuntungan jualan informasi antara lain:

  • Sangat cocok untuk pasar internet yang notabene para pencari informasi.
  • Biaya produksi sangat murah, hampir nol.
  • Cara pengiriman praktis, bisa lewat internet.
  • Anda tidak perlu jasa pos atau ekspedisi untuk emgnirimkan produk anda.
  • Tidak perlu biaya reproduksi, gudang dan lain-lain.
  • Tidak ada resiko kadaluarsa.
  • Dan masih banyak keuntungan lainnya.

Tetapi pertanyaannya, produk informasi seperti apakah yang akan anda jual?

Tentu saja produk informasi yang bisa memberi solusi terhadap pemasalahan orang. Produk bermanfaat yang bisa membantu orang mengakhiri masalah mereka selama ini.

Pada dasarnya, orang akses internet untuk mencari informasi. Dan sebagian besar informasi yang mereka cari adalah informasi yang bisa memecahkan masalah mereka. Entah itu cara menurunkan berat badan, cara membangun bisnis dan sebagainya.

Anda bisa kaya dari internet jika anda mampu menyediakan apa yang mereka cari: solusi. Percayalah, jika anda memiliki solusi atas masalah mereka, maka mereka tidak segan untuk membeli dari anda.

Prinsip #3:
Menjual produk menggunakan prinsip direct marketing.

Cara menjual yang paling baik dan paling cocok diterapkan di internet adalah direct marketing. Artinya, anda mendatangkan orang ke website anda dengan satu tujuan, menghasilkan penjualan. Website semacam ini sering kita sebut sebagai minisite.

Saat mereka datang, sodorkan penawaran andaa. Definisikan permasalahan mereka, lalu tawarkan solusi dari anda. Jabarkan manfaat yang akan mereka peroleh jika mereka memiliki produk anda.

Mereka hanya punya dua pilihan di web minisite anda, beli atau pergi. Jika mereka beli, anda mendapat profit. Jika mereka tidak membeli… mereka akan pergi. Tapi ingat, jika anda sebelumnya sudah mengumpulkan data prospek, maka anda bisa lakukan follow up atau tawarkan produk lain sampai dia membeli dari anda.

Di prinsip ini anda bisa lakukan tes dan ukur. Anda bisa olah teknik penawaran sedemikian rupa hingga mendapatkan rasio beli yang lebih tinggi lagi. Dan indahnya internet adalah, semua itu bisa diukur dan dioptimasi jauh lebih mudah daripada bisnis konvensional manapun juga.

Itulah indahnya jualan di internet yang menggunakan prinsip direct marketing.

Prinsip #4:
Melakukan follow up dan menjaga hubungan dengan prospek.

Inilah prinsip emas berikutnya. Jika anda menyimpan data prospek, manfaatkanlah data prospek yang anda punya itu. Lakukanlah komunikasi berkelanjutan dengan merkea. Anda bisa lakukan follow up, menawarkan program diskon atau penawaran lainnya. Keuntungannya, prospek akan semakin mengenal anda dan di saat dia memang membutuhkan sesuatu, atau disaat produk lanjutan yang anda tawarkan konek dengan kebutuhan mereka, maka penjualan akan dihasilkan.

Ingat, prospek seringkali tidak membeli pada pertemuan pertama. Mereka cenderung menilai anda dan produk anda terlebih dahulu. Baru setelah beberapa kali terjadi kontak di antara anda berdua, kepercayaan akan mulai terjalin dan akhirnya mereka bersedia membeli dari anda. Disitulah anda baru menghasilkan penjualan.

Itulah pentingnya melakukan follow up dan berkomunikasi secara terus menerus ke setiap prospek yang sudah anda punya. Jangan lupakan itu.

Prinsip #5:
Memiliki peluang untuk menghasilkan multiple income dari setiap prospek.

Pebisnis baru bisa kaya raya jika dia tidak hanya mengandalkan satu produk. Artinya, dia memiliki banyak produk, dengan topik berbeda-beda namun tetap pada satu tema.

Mengapa perlu begitu? Lihat prospek anda, mungkin dia tidak tertarik dengan produk anda yang pertama. Tetapi bisa jadi dia akan tertarik pada produk anda yang kedua. Bisa jadi, satu orang prospek akan membeli 5 dari 10 produk yang anda tawarkan. Bahkan bisa jadi seluruh produk anda akan dia borong semua.

Dengan begitu, kesempatan anda untuk mendapatkan profit dari satu prospek menjadi semakin besar. Anda tinggal bermain angka sekarang. Jika setiap satu prospek hanya membeli satu-dua produk, produk keberapapun itu… bayangkan berapa total uang yang akan anda peroleh dari ratusan hingga ribuan prospek yang sudah anda kumpulkan.

Itulah megnapa anda harus punya banyak produk. Berikan pilihan yang banyak agar mereka bisa membeli salah satu produk yang memang dia suka.

Prinsip #6:
Memanfaatkan kekuatan daya ungkit menggunakan waktu, otak, dan tenaga orang lain.

Bagi seorang pebisnis, penjualan itu nomor satu. Penjualan dalam arti setiap waktu dan tenaga yang anda kerahkan bisa menghasilkan profit yang tidak sia-sia. Nah, penjualan anda bisa melejit drastis jika anda menggunakan daya ungkit atau istilah kerennya leverage. Artinya, gunakanlah waktu, otak, dan tenaga orang lain untuk menghasilkan penjualan, dan tidak melulu anda kerjakan sendiri.

Banyak pebisnis pemula yang menyerah saat berbisnis online, bukan karena mereka kurang pengetahuan, tetapi justru karena apa-apa ingin dilakukannya sendiri. Apa-apa inginnya dipelajari sendiri, katanya untuk hemat uang. Bikin produk sendiri, bikin website sendiri, bikin sales letter sendiri, jualan maunya sendiri dan seterusnya. Kalau promosi inginnya yang gratis. Mereka anti bayar karena boros. Padahal kalau gratis, dia harus promosi 10 jam sehari.

Anda tahu akibatnya?

Sangat jarang apapun yang mereka lakukan sendiri hasilnya maksimal. Bahkan seringkali lebih mengecewakan. Satu pekerjaan belum selesai, dia masih mengkhawatirkan bidang pekerjaan lain yang belum diselesaikan. Lalu dia beralih mengerjakan pekerjaan lainnya sebelum yang tadi selesai dulu. Akibat lanjutannya, bisnis online yang seharusnya memberi kekebasan waktu dan finansial, justru membuatnya jadi tambah stres dan tidak punya waktu sisa buat keluarga. 95 persen pebisnis pemula mengalami itu.

Jangan sampai anda seperti itu. Anda bisa terapkan prinsip leverage dengan menggunakan pemasaran konsep jaringan, gunakan jasa-jasa iklan, atau anda bisa tawarkan kerjasama bagi hasil sehingga anda bisa dapatkan penjualan melimpah dari waktu, otak, dan tenaga orang lain. Dengan cara ini anda bisa memiliki daya ungkit yang membuat bisnis anda bisa membesar dalam waktu singkat.

Nah, saran saya… kenapa anda tidak gunakan daya ungkit. Bukan hanya di bidang penjualan. Bidang lainnya juga terapkan itu.

Jika anda tidak bisa bikin produk, cari orang untuk membuatkan produk untuk anda. Tidak bisa bikin web menarik, gunakan tenaga orang untuk bikin web, jika jualan sepi, cari orang untuk membantu anda jualan, dan seterusnya. Dengan begini, anda bisa fokus ke hal penting lainnya dan menjadi lebih produktif. Dan tentu saja, setiap tugas yang anda delegasikan akan membawa hasil yang jauh lebih baik dari pada anda jalankan sendiri.

Prinsip #7:
Membuat sistem yang akan mengotomatiskan bisnis anda.

Prinsip terakhir ini yang akan membuat anda merdeka, tidak tenggelam dalam lautan kerja, dan bisa menghindarkan stress. Yaitu sistem otomatisasi.

Anda tahu ada banyak pekerjaan bisnis yang perlu anda lakukan di bisnis online. Mulai dari pembuatan produk, pengumpulan prospek, melakukan follow up, hingga menghasilkan penjualan.

Anda akan stres luar biasa jika seluruh aspek itu dijalankan secara manual. Anda perlu sebuah sistem dimana bisa menggantikan tugas bisnis anda. Sistem itu yang akan menjalankan seluruh atau paling tidak sebagian besar tugas bisnis anda secara otomatis.

Saya beri contoh, setelah anda memiliki data prospek, selanjutnya yang perlu anda lakukan adalah melakukan follow up. Tetapi apakah anda harus kirim email satu per satu ke mereka, dan mengingat-ingat periode pengiriman masing-maing prospek? Jika iya, tentu ini akan sangat menyiksa anda.

Yang bisa anda lakukan adalah buat sistem yang bisa melakukan pengiriman follow up secara otomatis. Ini kita kenal dengan istilah autoresponder.

Itu hanya dari sisi tugas follow up. Belum untuk presentasi produk. Bukan hanya untuk satu produk tapi untuk berbagai produk anda. Bagaimana caranya? Gunakan website dan atur sedemikian rupa sehingga sistem saling mendukung dan bisa menggantikan tugas presentasi produk anda.

Semoga bermanfaat.

Leave a reply "7 Syarat Bisa Berhasil di Bisnis Online"

Your email address will not be published. Required fields are marked *

thirteen + 7 =

Rating*